Thursday, September 3, 2015

Perbandingan Internet 4G LTE, Bolt, Telkomsel, Indosat, dan XL

Agar dapat menggunakan jaringan 4G LTE, pengguna harus menggunakan smartphone yang mendukung, antara lain seperti Samsung Galaxy Alpha, LG G3, Sony Xperia Z3 hingga BlackBerry Passport. Untuk mengoperasikan jaringan 4G LTE yang disiapkan operator seperti Telkomsel, XL dan Indosat, pengguna harus menukar kartu SIM di pusat layanan masing-masing serta berlangganan data plan tertentu. Sedangkan untuk Bolt, pengguna dapat menghubungkan modem Bolt 4G ke smartphone yang mendukung 4G atau langsung menggunakan kartu SIM Bolt yang hanya kompatibel dengan smartphone Bolt.

Baca juga: Spesifikasi MiFi 4G Telkomsel

Perbandingan Internet 4G LTE, Bolt, Telkomsel, Indosat, dan XL

Di sisi kecepatan, layanan 4G LTE dari XL Axiata nampaknya memenangkan persaingan dengan klaim kecepatan internet hingga 100 Mbps, diikuti Bolt 72 Mbps. Sementara Telkomsel dan Indosat sama-sama menawarkan kecepatan hingga 36Mbps. Namun perlu diperhatikan, kecepatan yang ditawarkan tersebut dipromosikan sebagai ‘hingga‘. Sementara ada sejumlah faktor yang turut menentukan kecepatan internet, antara lain infrastruktur, yang secara umum masih dianggap kurang.

Sementara untuk area cakupan, Bolt menjadi juaranya melalui 750 ribu pengguna dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Telkomsel sebagai operator terbesar Indonesia baru menghadirkan layanan 4G LTE untuk Jakarta dan Bali, sementara 4G LTE dari XL Axiata hadir di Bogor, Medan dan Yogyakarta. Sedangkan Indosat baru menghadirkan layanan 4G LTE di area terbatas di Jakarta termasuk daerah Monas, Thamrin dan Sudirman.



Harga merupakan salah satu faktor utama saat membandingkan sebuah layanan, termasuk layanan 4G LTE. Baik Bolt, Telkomsel, XL maupun Indosat masing-masing bersaing memberi penawaran harga terbaik berikut bonus tertentu untuk menarik minat konsumen. Berikut ini perbandingan kuota data yang akan diperoleh dengan biaya berlangganan sekitar Rp 100.000 per bulan.

Layanan 4G LTE dari Bolt dengan total kuota 14GB yang terbagi atas kuota utama 6GB (30 hari) dan kuota bonus 8GB (14 hari) ditawarkan di harga Rp 100.000. Sementara selama masa promo, Telkomsel melalui Paket Basic Simpati menawarkan biaya berlangganan sebesar Rp 80.000 untuk kuota data 2GB di jaringan 4G. Untuk pelanggan layanan 4G LTE dari XL Axiata di paket Super HotRod 4GB akan dikenakan biaya Rp 99.000 dengan kuota data 4GB (4G) plus bonus 4GB (2G/3G). Sedangkan layanan Super 4G LTE dari Indosat mengenakan biaya Rp 99.000 untuk kuota 13GB.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Tentang Modem Bolt, Klik Follow pada Gambar Berikut:

Unlock Modem Bolt
Tags :

Related : Perbandingan Internet 4G LTE, Bolt, Telkomsel, Indosat, dan XL

0 komentar:

Post a Comment