Sunday, September 6, 2015

Koneksi 4G Bolt Powerphone

Kecepatan internet di smartphone merupakan suatu yang paling menjadi pertimbangan saat memilih Handphone ataupun penyedian internet.

Apa yang paling dirindukan para pengguna ponsel pintar saat ini? Ya, kecepatan Internet yang wuz...wuz...wuz. Buat apa punya ponsel canggih, berkamera bagus hingga 13 megapiksel, prosesor dengan empat otak atawa quadcore, desain keren, tapi koneksi Internet lelet. Tanpa koneksi Internet cepat, smartphone tiba-tiba seperti menjadi ponsel bodoh dan jadul.

Itulah sebabnya, para produsen ponsel dan operator seluler berlomba-lomba melahirkan ponsel dengan teknologi Internet terkini: 4G (generasi keempat) atau 4G LTE (long-term evolution, varian 4G). Apple, Samsung, Sony adu cepat melahirkan ponsel berkoneksi Internet kencang. Dalam adu balap itu, operator seluler juga tak mau ketinggalan. Bolt, salah satu pemegang lisensi frekuensi 4G LTE di Indonesia, juga ikut melahirkan ponsel generasi keempat dengan mengeluarkan dua jenis sekaligus, yakni Bolt 4G Powerphone varian ZTE V9820 dan IVO V5. Sebelumnya, Bolt mencoba memasarkan Internet 4G lewat modem saja. 

Tempo berkesempatan menguji Bolt 4G Powerphone varian ZTE V9820. Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 3,1 juta ini mengusung sejumlah fitur, antara lain: prosesor quadcore dari Qualcomm dengan kecepatan olah data 1.2 Ghz, RAM 2 gigabita, memori internal 8 gigabita, kamera 13 megapiksel, dan sistem Android KitKat. Fitur-fitur itu sudah kompetitif bila melihat ponsel-ponsel merek lain, seperti Lenovo, LG, ataupun Samsung, dengan kelas yang sama.

Dengan prosesor baru dari Qualcomm, ponsel Bolt 4G Powerphone ZTE ini sedikit unggul dibanding para pesaingnya. Dari hasil tes kecepatan mengolah data dan ketangguhan menjalankan game 3 dimensi, Bolt Powerphone berada di atas Lenovo dan Acer. Tes dengan software Antutu Benchmark menunjukkan Bolt 4G Powerphone mendapatkan skor 18.260. Dengan skor sebesar itu, Bolt 4G Powerphone ini bisa membuka aplikasi tanpa lelet. Namun, hasil itu di bawah performa beberapa ponsel kelas atas, seperti Asus Zenfone 5, Xiaomi Mi2, Samsung Galaxy S5, dan HTC One.

Bagaimana dengan kecepatan koneksi Internet? Tempo menguji Bolt 4g Powerphone dengan membandingkannya dengan ponsel yang “kelas” kecanggihannya mirip, seperti Galaxy Note 3, iPhone 6, iPhone 5, dan BlackBerry Z30. Melalui tes kecepatan koneksi keluaran Ookla, diketahui bahwa di beberapa lokasi, koneksi Internet Bolt 4G Powerphone mengejutkan. Misalnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ponsel ini bisa meraih kecepatan 2,5-12,5 megabit per detik (Mbps). Kecepatan itu jarang didapat bila menggunakan koneksi 3,5G. Di Buaran, Jakarta Timur, kecepatan koneksi Internet ponsel ini mencapai 2 Mbps. Hanya di beberapa lokasi kecepatannya jeblok. Di kawasan Jalan RA Kartini atau T.B. Simatupang, ponsel ini kerap tak mendapat koneksi Internet--mungkin karena kongesti atau padatnya pengguna Internet di satu pemancar. Di beberapa daerah di Bekasi juga ada beberapa kawasan blank spot.



Jadi, jika di daerah Anda sudah masuk dalam area jangkauan sinyal 4G Bolt, ponsel ini bisa dipertimbangkan. Ponsel ini dilengkapi dengan dua kartu, yakni GSM untuk menelepon dan Bolt 4G untuk koneksi data. Ponsel ini juga bisa difungsikan sebagai modem. Cukup nyalakan hotspot, dan koneksi Internet dari ponsel bisa mengalir ke laptop atau tablet.

Hasil uji kecepatan versi Ookla bukanlah segalanya. Buktinya, di Kebayoran Baru, Bolt 4G Powerphone memang meraih angka kecepatan tertinggi dibanding ponsel lain (yang hanya sekitar 1 Mbps atau kurang dengan menggunakan koneksi Internet operator lain). Namun, saat ponsel itu diuji dengan membuka video YouTube, streaming Bolt 4G Powerphone kadang putus-putus. Sedangkan ponsel lain, seperti iPhone 6, iPhone 5, dan Galaxy Note 3 dengan operator lain (yang bukan berteknologi 4G) memutar video YouTube dengan mulus. Uji ini dilakukan dengan membuka video musik All About that Bass yang dinyanyikan Meghan Trainor pada saat yang sama.

Inilah repotnya menguji kecepatan Internet mobile. Banyak faktor yang mempengaruhi, di antaranya jumlah pengguna Internet di pemancar yang sama. Jika ingin fair, mestinya uji kecepatan dilakukan di banyak titik, misalnya seperti yang dilakukan RootMetrics, yang menguji kecepatan koneksi 4G di 77 lokasi di Amerika Serikat. Jumlah sampel lokasi sebanyak itu tentu membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Sekadar perbandingan, teknologi 4G di AS dengan koneksi operator AT&T rata-rata kecepatan download-nya 18 Mbps, sedangkan upload 9 Mbps.

Mengomentari koneksi itu, Devid Gubiani, Chief Technology Officer BOLT! Super 4G LTE, mengatakan, “Sebagai bagian dari komitmen investasi tahap awal sebesar US$ 550 juta, kami berencana membangun base transceiver station (BTS) lebih banyak lagi tahun ini.”

Saat ini mereka telah memiliki 2.200 BTS yang telah menjangkau 98 persen area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Kami menargetkan pada akhir 2014 jumlah BTS akan mencapai 3.600 untuk meningkatkan kapasitas layanan,” ujarnya saat peluncuran ponsel ini.

Koneksi 4G Bolt Powerphone


Kesimpulannya, ponsel Bolt 4G Powerphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan berikut ini:

Plus: Dengan harga yang “miring”, Bolt 4G Powerphone menghadirkan ponsel berteknologi 4G, prosesor quadcore, kamera 13 megapiksel dengan dua kartu GSM dan 4G LTE.

Minus: Jaringan Internet Bolt yang masih terbatas di sekitar Jabodetabek membuat kecepatan Internet tinggi tak selalu bisa dinikmati.
SPESIFIKASI:
Tipe               : Android Smartphone
Prosesor        : Qualcomm MSM 8926 Quad-core 1.2 GHz / Adreno 305
Layar             : 5 inch HD, 720 x 1280 pixels
Suara             : Loud Speaker
Network        : Dual SIM BOLT! Super 4G, LTE, GSM, Wi-Fi, Bluetooth v3.0
RAM               : 2GB
Memo            : 8GB - MicroSD Up to 32GB
Kamera          : 13 MP AF(Back) - 2 MP (Front)
Software        : Android 4.4.2 KitKat
Dimensi         : 143 x 71 x 9.8 mm
Berat             : 172 g
Baterai          : Li-Po 2300 mAh battery

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Tentang Modem Bolt, Klik Follow pada Gambar Berikut:

Unlock Modem Bolt

Related : Koneksi 4G Bolt Powerphone

0 komentar:

Post a Comment