Sunday, July 12, 2015

Pertimbangan Memilih Modem Bolt (Modem ORION, Modem Bolt SLIM, atau Modem Bolt MAX)

Ada tiga produk terbaru Modem Bolt type Mifi. Ketiga modem tersebut sepintas tampak sama namun sebenarnya ada perbedaan yang mesti dipertimbangkan saat anda berniat untuk membeli modem bolt Mifi Wifi.

Modem Mifi merupakan perangkat gabungan antara modem dan wifi Access point di dalam satu hardware.

Perbedaan utama ketiga jenis modem bolt, WiFi ORION, WiFi SLIM, Wifi MAX adalah terletak pada kapasitas battery, kecepatas download dan kemampuan untuk ditambahkan antenna external.

Untuk kelebihan lainnya seperti kemampuan sharing connection ke max 8 klien, bisa dipakai sebagai file sharing dengan kapasitas penyimpanan 32 GByte, hampir tidak ada perbedaan di antara ketiganya.
Pertimbangan Memilih Modem Bolt (WiFi ORION, WiFi SLIM, atau Wifi MAX)

1.  Kapasitas battery dan daya tahan battery


Kapasitas battery diketahui dengan melihat nilai kapasitas battery yang tertera pada spesifikasi perangkat, biasanya ditentukan dalam satuan mAH. Semakin besar nilai mAH maka semakin lama daya tahan pemakaian perangkat saat beroperasi dengan hanya menggunakan battery.

Daya tahan battery juga ditentukan oleh tangkapan sinyal yang diterima oleh perangkat, jika sinyal yang diterima oleh perangkat tidak maksimal maka perangkat akan menambahkan kekuatan atau daya tangkapnya agar sinyal yang bisa didapat menjadi maksimal.

Peningkatan daya tangkap sinyal dari perangkat tentunya akan membutuhkan tambahan daya listrik yang yang disedot dari battery, kondisi ini menyebabkan daya listrik yang tersimpan pada battery menjadi cepat terkuras.

2.  Kecepatan download dan upload


Kecepatan download adalah kecepatan dalam menampilkan isi website pada browser saat anda melakukan kunjungan ke sebuah alamat website di internet, atau saat men-download file dari website di internet. Kecepatan upload adalah kecepatan saat anda mengirim atau menaruh data file ke sebuah website di internet.

Kecepatan upload biasanya jauh lebih rendah dari kecepatan download, hal ini disebabkan pada sisi user atau klien, aktivitas download jauh lebih sering dan jumlah lalu lintas data yang lewat juga besar, sedangkan aktivitas upload pada sisi user sangat jarang dengan jumlah data yang kecil.

Kecepatan internet via modem bolt sebenarnya ditentukan oleh beberapa faktor antara lain kualitas sinyal yang diterima perangkat, kemampuan perangkat dan kondisi alamat tujuan website itu sendiri.

3.  Antenna ekternal


Meskipun kecil, perangkat modem mifi bolt bisa ditambahkan antenna external yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat. Dengan kualitas sinyal yang baik maka koneksi pun menjadi cepat.

Bagi anda yang galau dan bingung, mana modem yang pas yang mesti dibeli maka berdasarkan pada tiga aspek di atas berikut review dari tiga perangkat modem mifi Bolt untuk meyakinkan dan membantu anda dalam menentukan pilihan mana modem yang harus anda miliki:



A.  Bolt Modem Mifi WiFi ORION


Modem Bolt jenis Orion memiliki kapasitas battery 2000mAH, dengan daya tahan battery yang cukup lama informasinya sekitar 6 jam. Namun daya tahan battery juga ditentukan oleh posisi perangkat terhadap sumber sinyal atau pemancar sinyal.

Semakin dekat posisi perangkat dengan sumber sinyal maka semakin bagus sinyal yang diterima dan tidak perlu banyak daya yang terpakai dalam menangkap sinyal tersebut.

Pastikan ditempat atau lokasi anda sinyal Bolt cukup bagus, jika tidak maka siap-siap battery modem anda cepat terkuras habis.

Kecepatan download maksimal modem Mifi Bolt Orion adalah 100Mbps. Kecepatan 100 Mbps atau 12.5 MBps, tidak mutlak selalu seperti itu dan tidak dijamin dalam kondisi apapun pasti mendapatkan kecepatan seperti itu terus.

Kualitas sinyal dan kondisi website tujuan turut menentukan kecepatan download. Hal yang sama juga berlaku pada kecepatan upload, kecepatan uploadnya pasti lebih kecil, sekitar 10 Mbps. Ingat pernyataan dalam brosur iklannya yang menyatakan kecepatan download mendekati 100 Mbps. Mendekati bukan garansi.

Modem bolt Orion tidak bisa ditambahkan dengan antena tambahan, pada badan modem tidak tersedia colokan khusus untuk antenna external.

Memang antenna tambahan tidak begitu diperlukan jika sinyal yang diterima modem cukup baik.

Namun jika kurang bagus sinyalnya maka antenna tambahan cukup membantu menaikan sinyal sehingga kualitas koneksi jadi bagus dan battery jadi tahan lama.

B.  Bolt Modem Mifi mobile WiFi SLIM (Huawei E5372)


Modem Bolt WiFi SLIM memiliki kapasitas battery 1780 mAH, lebih rendah dari Modem Bolt ORION. Kapasitas yang rendah ini seolah memberikan sinyal kepada anda untuk selalu menyediakan battery cadangan, terutama bagi anda yang aktivitasnya begitu mobile.

Kecepatan download dan upload dari modem ini adalah mendekati 72 Mbps dan 10 Mbps. Ingat bahwa huruf b pada satuan kecepatan ditulis dalam huruf b bukan B.

Saat anda mengetes kecepatan download maka satuan kecepatan yang tertera adalah satuan MBps dan nilainya pasti rendah , untuk mendapatkan kecepatan dalam satuan mbps maka anda mesti mengalikan nilai kecepatan MBps dengan angka 8.

Misalnya kecepatan download tes yang anda dapat adalah 2 MBps maka kalikan dengan angka 8 menjadi 16 Mbps.

Antenna external, kelebihan modem Bolt Wifi Slim adalah produk ini menyediakan colokan untuk antenna external tambahan. Meski produk ini kapasitas battery-nya kecil namun ditutupi dengan kemampuannya yang bisa ditambahkan dengan antenna ekternal guna meningkatkan sinyalnya.

Bagi saya lebih penting sinyal dari pada daya tahan battery, saya akan memilih modem ini dibanding Bolt Orion, apalagi harga kedua modem ini sama, sekitar 400 ribu rupiah.

C.  Bolt Modem Mifi mobile WiFi MAX (Huawei E5372s)


Sesuai namanya, Bolt Wifi Max, modem ini punya banyak kelebihan dibanding Bolt Orion dan Bolt Wifi Slim. Kapasitas battery sangat besar 3560 mAH, daya tahannya bisa mencapai 10 jam.

Dengan battery yang besar menyebabkan modem ini memiliki dimensi yang lebih besar dan lebih berat dibanding dengan Bolt Wifi Slim.

Modem ini, kecepatan downloadnya adalah 72 Mbps dan Uploadnya 10 Mbps.

Selain daya tahan battery yang besar, modem ini memiliki 2 colokan yang memungkinkan untuk diberi antenna tambahan guna menaikan kualitas sinyal.

Antenna tambahan seperti apa yang bisa ditambahkan? Hal yang perlu diperhatikan dalam menambahkan antenna tambahan adalah kecocokan konektor yang pas.

Sebelum membeli antenna tambahan pastikan jenis konektor antenna tersebut bisa terpasang pada modem bolt. Konektor antenna yang cocok dengan modem bolt ukurannya sangat kecil dan tidak semua antenna bisa cocok.

Sebagai kesimpulan, dari sisi kecepatan ketiga modem bolt ini sama kemampuan download dan uploadnya, dari sisi ketahanan battery modem bolt wifi MAX paling lama daya tahannya.

Jika ditempat atau lokasi rumah anda kurang bagus sinyal boltnya maka anda butuh modem yang bisa dipasangi antenna tambahan, untuk itu pilihan anda adalah modem Bot Wifi MAX dan Wifi SLIM, dengan konsekuensi harganya lebih mahal 100 ribu rupiah.

Sumber: www.norisanto.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Pemberitahuan Terbaru Tentang Modem Bolt, Klik Follow pada Gambar Berikut:

Unlock Modem Bolt

Related : Pertimbangan Memilih Modem Bolt (Modem ORION, Modem Bolt SLIM, atau Modem Bolt MAX)

1 komentar:

  1. Bold Movimax bs ga tankap wifi utk di pancarkan lg gan

    ReplyDelete